Kayu Jati Belanda: Mengenal Karakteristik Hingga Manfaatnya

Kayu Jati Belanda: Mengenal Karakteristik Hingga Manfaatnya – Kayu jati Belanda merupakan salah satu kayu yang cukup populer digunakan sebagai bahan pembuatan aneka furniture. Berbeda dengan namanya, sebenarnya kayu tersebut bukanlah kayu jati yang berasal dari Negera Kincir Angin.

Bahkan kayu ini bukanlah jati sungguhan seperti kayu jati Jawa, melainkan berasal dari kayu pinus. Lalu bagaimana kayu ini bisa mendapatkan namanya? Berikut akan kita bahas bersama karakteristik, kelebihan, hingga manfaat dari kayu ini yang cukup beragam.

Kayu Jati Belanda: Mengenal Karakteristik Hingga Manfaatnya

Kayu Jati Belanda, Berikut Sejarah Namanya hingga Manfaatnya

Kayu Jati Belanda: Mengenal Karakteristik Hingga Manfaatnya. Batang pinus ini dijuluki sebagai kayu jati karena memiliki serat yang indah mirip kayu jati, dan sering disebut juga sebagai kayu jati. Istilah “Belandanya” muncul karena pada masa lampau, kayu ini sering digunakan untuk membuat palet atau peti pengiriman barang. 

alet tersebut kerap dipakai untuk membungkus barang yang akan dikirim ke luar negeri. Karena pada masa itu masyarakat menghubungkan luar negeri dengan Belanda, maka muncul istilah “jati Belanda” meskipun kayu tersebut tidak berasal dari Belanda.

Selain itu, kayu ini juga memiliki julukan lain seperti “kayu jati Londo” dalam Bahasa Jawa. Kemudian ada juga julukan “kayu jati Madura” yang berasal dari banyaknya orang beretnis Madura yang mengumpulkan dan memperjualbelikannya. 

Ada juga julukan lain seperti “kayu palet” atau “ex palet” karena banyak digunakan sebagai bahan untuk membuat palet pengiriman barang yang dapat menjaga keamanan barang hingga sampai ke tangan penerima.

Kayu jati Belanda banyak ditemukan di Amerika dan Benua Asia termasuk di Indonesia seperti di wilayah Sumatera. Pohon ini memiliki pertumbuhan yang sangat cepat, dapat tumbuh di berbagai tempat, dan tumbuh dengan mudah. 

Hal ini memungkinkan budidaya kayu ini dalam jumlah besar tanpa mengganggu ekosistem sekitar, sehingga lingkungan tetap terjaga dan sehat. Dengan budidaya yang baik, kebutuhan pasar yang tinggi terhadap kayu ini dapat terpenuhi.

Karakteristik Dari Kayu Jati Belanda

Kayu pinus ini memiliki beberapa karakteristik yang khas. Pertama, bobotnya yang ringan memudahkan untuk diangkat dan dipindahkan. Selanjutnya, warnanya yang cerah seperti kuning atau krem dengan serat halus menyerupai kayu jati yang indah dan alami. Warna cerah ini membuatnya mudah dikombinasikan dengan warna lain, dan proses finishingnya pun mudah, baik dengan tampilan clear maupun colorful.

Seiring bertambahnya usia, kayu ini akan mengembangkan patina atau guratan alami yang memberikan nuansa antik, yang tentunya membuatnya terlihat unik dan indah. Karakteristik lainnya adalah kelembutan kayunya yang memudahkan pembentukan menjadi berbagai jenis kerajinan. Sifat ini juga membuatnya lebih tahan terhadap benturan keras. Maka tidaklah mengherankan jika dulu banyak yang menggunakannya sebagai bahan palet untuk pengiriman barang atau produk.

Kelebihan dari Kayu Jati Belanda

Jenis dari kayu satu ini mempunyai banyak sekali manfaat dan kelebihannya tersendiri. Berikut adalah beberapa kelebihannya:

⦁ Tahan Serangga

Kayu jati Belanda memiliki keunggulan dalam ketahanannya terhadap serangan serangga, seperti rayap. Hal ini disebabkan oleh kandungan getah alami dalam kayu tersebut, yang tidak hanya memperkuat kayu tetapi juga berfungsi sebagai racun bagi serangga perusak kayu, sehingga serangga tidak mendekatinya.

⦁ Tidak Mudah Menyusut dan Memuai

Kelembaban dan suhu ekstrim bisa membuat kayu mengalami penyusutan atau memuai sehingga bentuknya berubah dari bentuk awalnya. Namun hal tersebut minim terjadi pada kayu pinus karena kayu ini memang tahan terhadap kelembaban dan suhu serta tidak mudah menyusut maupun memuai.

⦁ Harga Lebih Terjangkau

Kayu ini juga memiliki harga yang jauh lebih murah daripada kayu jati asli. Hal tersebut karena kayu ini memiliki stok yang cukup banyak dan memiliki kemampuan tumbuh sepanjang tahun yang lebih cepat. Kayu jati Belanda yang bekas dijadikan kayu palet dan sudah tidak digunakan pun harganya pasti juga lebih terjangkau.

⦁ Mudah Dikombinasikan dengan Warna Lain

Warnanya yang cerah dan terang membuat kayu ini cukup mudah untuk dikombinasikan dengan warna lain. Bahkan, kayu ini juga cocok dengan berbagai furnitur berwarna lain hingga cocok dengan aneka gaya interior rumah. Baik itu untuk rumah bergaya vintage yang estetik, rumah modern, hingga rumah gaya industrial sekalipun.

Segudang Manfaat Kayu Jati Belanda

Kayu jati Belanda memang sangat populer di kalangan masyarakat sebagai bahan untuk berbagai jenis furniture. Beberapa contoh penggunaannya antara lain:

  • Kekuatan dan ketahanan kayu ini membuatnya cocok untuk digunakan sebagai bahan kusen pintu dan jendela, memberikan tampilan yang estetis dan tahan lama.
  • Kualitas kayu yang baik menjadikannya pilihan yang ideal untuk rak buku dan lemari, memberikan ruang penyimpanan yang kuat dan tahan lama.
  • Kayu ini sering digunakan untuk membuat berbagai jenis meja, mulai dari meja tamu yang elegan hingga meja belajar dan meja kerja yang fungsional, serta meja makan yang kokoh dan indah.
  • Kekuatan dan kelembutan kayu ini membuatnya cocok untuk digunakan sebagai bahan kursi, baik untuk kursi tamu, kursi makan, kursi kerja, maupun kursi santai.
  • Kayu ini juga sering dimanfaatkan untuk membuat berbagai jenis kerajinan tangan, seperti ukiran, patung, dan barang-barang dekoratif lainnya.

Dimana Bisa Mendapatkan Furnitur dari Kayu Ini?

Benar sekali, kehadiran banyak usaha furnitur di Indonesia yang menggunakan kayu jati Belanda sebagai bahan baku utama telah membuatnya mudah ditemukan. Dengan banyaknya toko furniture yang menawarkan produk dari kayu ini, konsumen dapat dengan mudah menemukan berbagai macam furniture yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka.

Jika tidak ada toko fisik yang menjual furnitur dari kayu ini di sekitar tempat tinggal, pembelian secara online menjadi pilihan yang praktis. Di era digital ini, banyak pengusaha dan pengrajin furniture yang menjual produk-produk mereka melalui platform online. Pembelian furniture secara online tidak hanya menyederhanakan proses pembelian, tetapi juga memberikan kemudahan karena konsumen tidak perlu keluar rumah.

Kayu jati Belanda yang ternyata berasal dari kayu pinus, memiliki karakteristik yang unik serta banyak kelebihan. Sehingga banyak pengrajin memilihnya sebagai bahan baku untuk membuat berbagai macam furniture. Dengan mudahnya menemukan furniture dari kayu ini baik secara offline maupun online, konsumen dapat memilih produk yang sesuai dengan selera dan kebutuhan mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Jenis Kayu untuk Interior Hunian yang Estetik dan Tahan Lama
Next post Jenis Kayu untuk Furniture yang Bagus, Ada Jati Hingga Mapel